Cuti Bersama 19-25 April 2023

Cuti Bersama Lebaran 19-25 April 2023

Cuti bersama pada lebaran 2023 telah resmi diumukan dan hasilnya adalah dimajukan pada tanggal 19-25 April 2023. Sebelumnya, cuti bersama telah diumumkan pada 21-26 April Mendatang.

Penambahan dan juga majunya libur atau cuti bersama disampaikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada rapat terbatas menjelang arus mudik Lebaran 2023 yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta Jumat, 24 Maret 2023.

Budi Karya menyebut bahwa pihaknya bersama Kapolri mengusulkan untuk libur maju dua hari.

“Jadi mulai tanggal 19 sudah libur, 20 sudah libur. Tapi masuknya 26, jadi tambah 1 hari, tapi di depan tambah 2 hari,” ujar Budi.

Untuk mencegah penumpukan saat mudik lebaran dan juga mempertimbangkan tingginya animo masyarakat untuk mudik, maka keputusan untuk mempercepat dan menambah cuti bersama dilakukan oleh pemerintah.

“Itu alasannya apa, karena secara tradisional keinginan untuk mudik ini tinggi sekali, dengan volume yang banyak dan kalau dilihat itu tertuju sama hanya tanggal 21, maka terjadi penumpukan yang luar biasa,” ucapnya

Menhub menjelaskan juga bahwa akan ada kenaikan pemudik dari sekitar 85 juta orang menjadi sekitar 123 juta orang. Sedangkan khusus di Jabodetabek naik dari sekitar 14 juta orang menjadi sekitar 18 juta orang.

Masyarakat antusas untuk mudik semenjak covid telah mereda dan terlihat dari kenaikan jumlah pemudik.

“Artinya terjadi kenaikan 47 persen untuk nasional dan 27 persen untuk Jabodetabek,” ucap Budi dalam Keterangan Pers penanganan Mudik Lebaran 2023 di Kantor Presiden dikutip dari video Sekretariat Presiden, Jumat, 24 Maret 2023.

Pemudik ini menyebar dengan berbagai transportasi mulai dari laut, darat dan udara. Untuk jalur udara, kereta api dan laut, menurut Budi Karya relatif bisa dikelola karena menggunakan sarana tiket sehingga bisa dikontrol. Khusus untuk darat perlu pengelolaan yang lebih detail. Alasannya, 22 persen pemudik yang sebesar 123 juta orang tersebut akan menggunakan mobil, sedangkan 20 persen akan menggunakan motor.

Beberapa transportasi juga telah melakukan diskon besar besaran seperti KAI yang memberikan harga khusus untuk lebaran nanti.

Lebaran tahun 2023 akan semakin semarak karena para pemudik jauh lebih antusisa untuk pulang kampung setelah sebelumnya masih terkendala dengan maraknya covid.