Olahraga saat berpuasa, manfaatnya apa?

Olahraga saat berpuasa, manfaatnya apa?

CUITAN BEKASI – Olahraga saat berpuasa ternyata tetap harus dilakukan, bahkan banyak manfaat berolahraga saat berpuasa, asal dilakukan dengan tepat.

Bagi umat muslim yang melakukan puasa dibulan Ramadhan, bukan hanya waktu olahraga dan pola makan yang mengalami perubahan, tapi juga aktivitas.

Kurangnya jam tidur dan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh sepanjang hari dapat membuat seseorang merasa lemas.

Karena merasa lemas dan takut batal berpuasa, banyak muslim yang menunda berolahraga, bahkan tidak berolahraga karena takut kehilangan banyak energi.

Padahal, berolahraga saat bulan puasa banyak manfaatnya lho.

Manfaat berolahraga saat berpuasa

Melancarkan Pencernaan

Dengan berolahraga, sirkulasi darah akan jauh lebih lancar meskipun tidak ada asupan makanan dan minuman yang masuk ke tubuh.

Tapi, keunggulan lain berolahraga saat puasa adalah proses detoksifikasi akan lebih lancar sehingga tubuh akan semakin sehat nantinya.

Menghilangkan Stress

Gerakan beragam saat berolahraga membuat badan bergerak dan dapat menghilangkan stress. Lakukan kegiatan olahraga yang ringan agar stress jauh dari kamu. Kamu bisa melakukan zumba atau pilates.

Baca Juga  Nenek berusia 70 tahun di India melahirkan anak pertamanya

Tubuh sehat berenergi

Badan yang digerakkan (olahraga) akan terlihat lebih sehat dari orang yang seumuran dan pastinya energi kita akan lebih besar karena selalu berolahraga.

Menurunkan berat badan

Dengan berpuasa dan olahraga, maka proses pengurangan berat badan akan bisa lebih cepat terkontrol dengan baik. daripada diet, lebih baik puasa. dapat pahala juga badan semakin sehat.

Tips berolahraga saat puasa

Lakukan olahraga saat akan menjelang berbuka atau setelah berbuka. Ketika olahraga dilakukan menjelang berbuka, maka ketika kita haus dan lapar, dalam beberapa menit kemudian bisa tergantikan.

Jika dilakukan setelah berbuka puasa, usahakan olahraga yang ringan atau sedang karena perut masih dalam kondisi penuh.